Prof Monitor - Sikka merupakan salah satu kabupaten yang ada di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Kabupaten ini menyimpan berbagai keindahan alam yang sangat luar biasa. Keindahan alam di Sikka tersebut juga masih sangat terjaga kealamiannya, sehingga menyuguhkan kekayaan alam yang begitu mempesona. Beberapa destinasi wisata Sikka pun telah mulai populer dan menjadi sasaran wisatawan domestik maupun mancanegara.

Kabupaten Sikka memang belum banyak dikembangkan untuk daerah wisata, sehingga di kabupaten ini banyak keindahan alam yang tersembunyi. Namun demikian, apabila dikembangkan dan dikelola dengan baik, Sikka akan menjadi destinasi wisata yang sangat potensial.


Beberapa Destinasi Wisata Sikka yang Wajib Dikunjungi

Berikut beberapa destinasi wisata Sikka yang memiliki keindahan alam begitu mempesona dan wajib untuk dikunjungi:

     1.      Destinasi Wisata Sikka: Pantai Koka

Salah satu destinasi wisata Sikka yang memiliki keindahan alam yang begitu mempesona adalah Pantai Koka. Pantai ini berlokasi tidak jauh dari Kota Maumere. Hamparan pasirnya yang begitu panjang dan luas, ditambah dengan airnya yang jernih, menjadikan Pantai Koka menjadi pantai yang sangat indah.

Tebing-tebing karang yang ada di sekitar pantai juga menambah keindahan alam di Pantai Koka. Airnya yang berwarna biru sangat jernih dengan ombak yang tenang menjadikan pantai ini sangat cocok untuk berenang dan bermain air.

Karena masih jarang dikunjungi oleh wisatawan, pantai ini masih sangat asri dan bersih dari sampah-sampah plastik atau makanan instan. Di sekeliling pantai juga terdapat perbukitan hijau di mana pengunjung bisa menikmati keindahan Pantai Koka dari atas bukit karang tersebut.

     2.      Destinasi Wisata Sikka: Desa Koka

Desa Koka terletak di Kecamatan Bola, Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur. Desa Koka terkenal dengan kain tenunnya yang begitu indah.  Masyarakat Desa Koka sedari dulu telah memiliki tradisi menenun kain dengan beragam corak dan warna yang menarik. Yang tak kalah menarik, bahan utama kain tenun Desa Koka diambil dari hutan atau alam sekitar.

Desa Koka merupakan desa wisata yang pada awalnya digagas oleh Kornelis Djawa pada tahun 1997. Kemudian pada tahn 2010, oleh putranya, Cletus Lopez, berbagai kearifan lokal Desa Koka kembali dikenalkan pada dunia. Akhirnya Desa Koka saat ini telah banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Sampai dengan saat ini, Desa Koka masih menjadi destinasi wisata Sikka yang menyuguhkan berbagai kearifan lokalnya. Setiap ada tamu yang berkunjung, masyarakat akan menyambutnya dengan tarian-tarian lokal. Selain itu, masyarakat akan menyuguhkan berbagai hidangan makanan dan minuman khas Desa Koka.

     3.      Destinasi Wisata Sikka: Pantai Kajuwulu

Destinasi wisata Sikka selanjutnya adalah Pantai Kajuwulu. Pantai ini masih sangat terjaga kealamiannya, sehingga memiliki keindahan alam yang sangat mempesona. Hamparan pasir putih dipadukan dengan air pantai yang berwarna biru jernih menjadikan suasana Pantai Kajuwulu begitu syahdu.

Pantai Kajuwulu juga dikelilingi oleh bukit-bukit yang cukup tinggi. Di salah satu bukitnya, terdapat sebuah salib besar di puncak bukit. Pemerintah daerah kemudian mengembangkan daerah ini dengan membangun anak tangga menuju puncak bukit tersebut.

Meskipun anak tangga menuju puncak bukit tersebut cukup panjang dan tinggi, namun usaha pengunjung akan seger terbayarkan ketika telah sampai di puncak bukit. Pengunjung akan dibuat takjub dengan keindahan Pantai Kajuwulu yang sangat mempesona ketika dilihat dari atas perbukitan.

Beberapa destinasi wisata Sikka tersebut merupakan sebagian saja dari keindahan Kabupaten Sikka yang tersembunyi. Diharapkan pemerintah bisa mengembangkan dan mengelola berbagai daerah di Kabupaten Sikka untuk meningkatkan sektor pariwisata dan membangun perekonomian masyarakat.

0 Komentar