Audit Energi

Sederhananya audit energi merupakan proses perhitungan konsumsi energi yang digunakan dalam periode tertentu dengan mengukur jumlah energi yang masuk dan energi yang loss (terbuang). Perekonomian nasional tidak bisa lepas dari aktivitas industri yang semakin membutuhkan efisiensi energi. Memilih perusahaan audit energi yang tepat bisa menjadi solusi.

Bagaimana mengetahui efisiensi energi di suatu aktivitas industri ? hal tersebut bisa dilihat dari perbandingan antara berapa besar energi yang dipakai dengan energi  yang terkonversi menjadi energi lain yang loss (terbuang/tidak berguna).

Urgensi Audit Energi bagi Industri

Dalam pengelolaan energi baik di skala industri maupun lainnya dikenal istilah energy accounting yaitu perhitungan penggunaan energi dan total biaya yang dikeluarkan, itulah mengapa audit energi diperlukan. 

Selain itu, urgensi energi yang lainnya adalah berupa monitoring penggunaan energi dalam skala waktu tertentu agar efisiensi energi bisa terwujud dan ikut serta dalam regulasi pemerintah mengenai pengelolaan energi yang baik.

Audit Energi dan Hubungannya dengan Kecenderungan Biaya

Bahan bakar fosil terutama minyak bumi, batu bara, dan gas alam menunjukkan grafik kecenderungan harga yang signifikan dalam 10 tahun terakhir. Hal tersebut terjadi akibat adanya kecenderungan biaya untuk energi dari waktu ke waktu yang semakin meningkat untuk berbagai aktivitas, tak terkecuali aktivitas industri.

Sebagai pengguna energi, sudah sepatutnya mencermati dengan seksama terhadap kecenderungn harga energi tersebut. Energi merupakan komponen vital dalam kehidupan baik untuk kebutuhan individu ataupun organisasi/perusahaan. 

Mengapa Audit Energi Perlu Dilakukan ?

Audit energi penting dilakukan untuk mengetahui hal-hal sebagai berikut :
1. Berapa total energi yang dikonsumsi
2. Berapa besar energi yang  benar-benar digunakan tanpa buangan
3. Berapa besar energi yang tidak berguna seperti lampu pijar yang menggunakan energi listrik sehingga menghasilkan cahaya (kegunaan utama) dan panas (hasil konversi energi listrik yang tidak berguna pada kasus ini).

Dengan melakukan audit energi, maka potensi untuk melakukan efisiensi energi akan terbuka sehingga tidak akan terjadi tagihan atau dana yang membengkak. Kunjungi https://sewatama.com/id/ untuk informasi auditing energi terpercaya dan kompeten.

0 Komentar